Periode 2017-2018

1.I-CARE

What is ICare? I-Care merupakan iuran wajib dari mahasiswa aktif S1 Ilmu Gizi UPNVJ yang diadakan satu kali dalam sebulan dengan besarannya Rp10.000/orang. Pelaksanaan ICare adalah setiap 1-2 minggu pertama di setiap bulannya.Terdapat dua kegunaan dari ICare ini yaitu dana operasional untuk program kerja selanjutnya dari divisi sosial yakni GPS ( Gizi Peduli Sosial ) (baca juga artikel tentang proker GPS ya guys !!!) dan dana bantuan mahasiswa S1 ilmu gizi yang terkena musibah. Dengan alokasi dananya sebesar 85 % untuk program kerja GPS dan 15 % untuk dana bantuan mahasiswa. Bila sampai akhir kepengurusan dana iCare ini masih ada, maka sesuai alokasi nya akan kami sumbangkan kepada panti asuhan dan kami berikan pada pengurus HIMAGI UPNVJ selanjutnya agar dapat digunakan sebagai dana bantuan mahasiswa selanjutnya. Gambar dibawah merupakan poster dari ICare yang akan di share di akun media sosial instagram dan line HIMAGI UPNVJ setiap memasuki minggu pertama pada setiap bulannya.

 

 

2. DONOR DARAH

Nah untuk donor darah ini, HIMAGI UPNVJ tidak sendirian guys ! Kami tergabung dalam sebuah kepanitian fakultas ilmu kesehatan dengan keempat jurusan lainnya yaitu S1 ilmu keperawatan, D3 keperawatan, D3 fisioterapi,dan S1 kesehatan masyarakat yang dinaungi oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Fikes ( MPMF ). Kami mengundang pihak PMI Jakarta Selatan untuk hadir di fakultas kami di Limo, Depok pada 24 April 2018. Pelaksanaan donor darah dilakukan setiap satu tahun sekali. Rangkaian acara dimulai tepat pukul 8 pagi diawali dengan kegiatan senam bersama dengan masyarakat sekitar kampus kami, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan status gizi, tensi darah,kolesterol,asam urat,gula darah, tonus otot, hingga konsultasi mengenai keadaan kesehatan terkini. Acara ini selain sangat ditunggu-tunggu juga disambut dengan sangat antusias tidak hanya oleh mahasiswa, bahkan dosen dan staff di fakultas kami pun ikut menyumbangkan darahnya. Tentunya kami tdak ingin mengecewakan para pendonor kami, kami pun menyiapkan konsumsi dan souvenir cantik secara gratis sebagai bentuk apresiasi kami. Wahh seru banget ya kapan lagi ikutan  acara yang bikin sehat dan kenyang secara gratis !! . We wait for your participations next year guys. Berikut kami lampirkan dokumentasi pada donor darah.

( memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat sekitar )

 

 

 

 

( rangkaian pemeriksaan status gizi masyarakat )

 

 

 

 

 

( kegiatan konsultasi mengenai keadaan kesehatan terkini )

 

 

 

 

 

( kegiatan inti berupa donor darah yang diikuti oleh salah satu staff FIKES )

 

 

 

 

 

3. GPS ANAK & LANSIA

Nahh ada yang baru nih dari divisi sosial tahun ini J. GPS merupakan singkatan dari Gizi Peduli Sosial, maksudnya ? yuk kita simak. GPS merupakan program kerja yang dilakukan secara bersamaan dalam satu hari dengan dua sasaran yang berbeda. Sasaran dari program kerja ini adalah anak-anak yang berada dipanti asuhan dan para lansia yang ada dipanti jompo. Kali ini kami ingin ikut merasakan kebahagiaan yang berbeda dalam mengadakan kegiatan sosial dengan menyasar seluruh kalangan dimulai dari yang paling muda yaitu anak-anak hingga yang paling tua yaitu lansia. Wah,, kegiatan sosialnya ga selalu mainstream dengan bagi-bagi sembako aja kan ?. Dimulai dengan senam bersama dengan para penghuni panti kemudian dilanjutkan dengan games dan edukasi gizi dengan sub topik seperti PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan aktivitas fisik, lalu diakhiri dengan pemberian sembako kepada penghuni panti. GPS dilaksanakan pada 9 September 2018 di Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajirin di Pamulang, Tangerang Selatan dan di Posbindu Dahlia Senja, Depok.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. GBM

This the last that we have guys ! GBM merupakan program kerja sama ILMAGI ( Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi ) dengan himpunan-himpunan yang menjadi anggota ILMAGI. Nahh, karena HIMAGI UPNVJ merupakan salah satu anggota ILMAGI, maka kami wajib melaksanakan program kerja ini disetiap tahunnya. Ngapain aja sih emangnya ? Pada GBM ( Gizi Bakti Masyarakat ) kami membentuk beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang mahasiswa baru dengan ditemani 1 pemimpin kelompok dari pengurus HIMAGI UPNVJ. Setiap kelompok akan diberikan leaflet yang berisi pedoman gizi seimbang, pedoman 1000 HPK ( Hari Pertama Kehidupan ), hingga pesan-pesan khusus bagi setiap kelompok umur. Tujuan dari GBM ini adalah memperkenalkan bagaimana keadaan masyarakat disekitar kita dan mengajarkan mahasiswa untuk mulai mengedukasi masyarakat dimulai dari tahap yang paling sederhana. Kegiatan ini ditutup dengan memberikan sembako kepada masyarakat yang telah meluangkan waktunya. Seru banget ya guys ?!? kita adalah makhuk sosial maka kita pun harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.